“Catatan kecil dari GBK”

Biar saja orang mau bilang apa….yang penting sekarang aku meyakini apa yang aku lakukan adalah benar.

Biar saja orang mempersepsikan aku sekarang berada di tempat yang belum tentu benar…toh aku sekarang merasa bersyukur sekarang berada di sisi ini.

Biar saja orang mengatakan ini dan itu terhadap kami atas apa yang terjadi saat – saat ini…toh aku yakin ini bukan salah dari tempatnya tetapi individu – individunya.

Ingat taujih dari ust Hilmi pada saat sambutan di GBK kemarin mengenai memaknai hari kelahiran.

Bahwasanya seseorang lahir itu seharusnya memahami esensi kehadirannya di dunia ini….

1. ‘ulidna bil mahabbah (setiap kita lahir karena cinta)

Ya…kita lahir karena cinta orang tua kita. Bahkan kita bisa tumbuh dan besar sampai bisa seperti sekarang tidak lain dan  tidak bukan adalah karena kasih sayang kedua orang tua kita. maka seharusnya ketika kita menyadarinya kita juga harus menebar kasih sayang ke semua. Bukan hanya terbatas kepada orang – orang tertentu tetapi untuk seluruh alam. Bukan juga karena egoisme kita pribadi tetapi karena Allah dan Rasulullah memerintahkan kita seperti itu.

2. ‘ulidna bil izzatu wal karamah (kita lahir dengan kemuliaan untuk dimenangkan)

Kita lahir dengan diberikan kemuliaan oleh Allah,,,betapa tidak Allah menciptakan manusia dengan bentuk yang terbaik, Allah memberikan kita manusia gelar Khalifah dan membela kita dihadapan para malaikat dan jin…bahwa nenek moyang kita Nabi Adam bisa menyebutkan segala nama – nama sedangkan malaikat dan jin tidak bisa. Maka seharusnyalah kita hanya melakukan hal – hal mulia bukan hal – hal yang remeh temeh. Kita melakukan hal – hal mulia untuk memberikan kemanfaatan kepada seluruh alam.

Jadi, Ingat taujih dari salah seorang Murabbi-ku…ada kisah nyata tentang seorang anak Raja yang seluruh anggota keluarganya dibantai oleh penjajah pada saat itu. DIa tumbuh dewasa dibawah asuhan sang Penjajah. Disepanjang didikan sang penjajah, dia senantiasa dihadapkan segala bentuk kemaksiatan….sampai dia dewasa dan ditanya oleh salah seorang sahabatnya. “Mengapa kamu tidak ikut melakukan hal – hal itu?” Si anak Raja inipun berkata “Aku tahu Aku siapa, Aku adalah keturunan Raja, maka Aku hanya pantas melakukan hal – hal mulia.

3. ‘ulidna bil amanah wal mas’uliyah (kita lahir dengan mengemban amanah dan akan dimintai pertanggung jawaban)

Sebagaimana Allah firmankan didalam Al – Qur’an bahwa “tidaklah kuciptakan Jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepadaKu”…Allah memberi kita amanah sebahgai seorang Khalifah di dunia. Bukan berarti kita benar – benar pemilik dan penguasa sepenuhnya atas dunia. Tetapi suatu saat kita akan dimintai pertanggung jawaban atas amanah itu. Maka seharusnya kita memnuhi amanah dari Allah untuk menjaga dan memlihara segala kehidupan di dunia. Melaksanakan amanah tidak bisa dilakukan dengan hanya berangan – angan dan bermain – main saja tetapi hanya dengan Jiddiyah (kesungguhan) dari dalam diri.

Maka sekarang aku semakin percaya kepada Allah dan bersyukur berada di lingkaran ini. Semakin aku tahu dan semakin akau fahami esensi eksistensi diriku di dunia….Semoga bermanfaat bagi diriku dan sahabat – sahabatku semua. Jangan goyah di tengah riuh rendah orang yang beropini hanya untuk kepentingan diri sendiri. Aku tetap berada disini karena dengannya aku bisa melakukan segala yang mengarahkanku kepada amal shaleh, bermanfaat bagi semua, menebar fikrah dan semoga barokah…kita berada di sini bukan karena si dia, kita berada disini bukan juga karena komunitas apalagi hanya karena ingin dikenal orang dan memanfaatkan untuk hal – hal rendah lainnya….kalaupun nantinya wajiha ini sedikit berbelok maka kita harus siap meluruskannya kembali….dan semua itu hanya bisa dilakukan dengan Ghirah dan Jiddiyah (semangat dan kesungguhan)

Berlomba – lomba dalam kebaikan sahabat – sahabatku!!!

Tinggalkan Balasan

